Tak Lama Foto Jokowi Imam di Afganistan Beredar, Foto Jadi Makmum pun Viral

istimewa

KABARJITU: Foto Presiden Joko Widodo yang menjadi imam saat melaksanakan shalat berjamaah di Afganistan sempat menjadi viral di media sosial.

Shalat berjemaah itu dilakukan di Masjid Kompleks Istana Kepresidenan Agr, Kabul.

Namun, selang sehari kemudian muncul sebuah foto yang kembali viral di media sosial. Foto tersebut memperlihatkan Presiden Joko Widodo justru menjadi makmum shalat, bukan imam sebagaimana foto pertama yang diunggah Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Dalam foto yang diunggah di akun Twitter Ahmad Fawad Lami, @fawadlameh, seorang penyiar TV VOA Afghanistan tersebut, memperlihatkan Jokowi bersama Presiden Afghanistan Ashraf Ghani berada di shaf makmum pertama.

Dalam sebuah grup Whatsapp muncul tanggapan atas beredarnya dua foto yang berbeda tersebut.

Grup Pena45 tersebut menyebut, benar bahwa awalnya Jokowi diizinkan oleh pemerintah Afghanistan untuk menjadi imam shalat Dzuhur. Sikap pemerintah Afghanistan tersebut dalam rangka menghormati desakan Menlu Indonesia yang berulang kali menyampaikan permohonan agar Jokowi diperbolehkan menjadi imam shalat.

Namun selang beberapa waktu kemudian, pihak pemerintah Afghanistan mendapatkan info resmi dari ulama Afghanistan yang menjalin kerjasama dengan ulama Indonesia terkait kualitas spiritual Jokowi.

Alhasil, Pemerintah Afghanistan kemudian mempersilahkan Ulama Afghanistan untuk menjadi imam shalat ashar, dan meminta agar Jokowi menjadi makmum saja.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung ketika dikonfirmasi mengatakan, shalat berjamaah memang dilakukan dua kali.

Pramono yang ikut dalam kunjungan ke Afghanistan pada Senin (29/1/2018) itu menerangkan, saat melakukan shalat Dzuhur Jokowi menjadi imam. Kemudian, setelah shalat Dzuhir selesai, dilanjutkan dengan shalat Sunnah. Ketika itu, Jokowi mundur menjadi makmum di shaf pertama menempati posisi ulama Afganistan yang pindah ke posisi imam.

“Itu (foto saat Jokowi makmum) waktu shalat Sunnah,” kata Pramono seperti dikutip Kompas.com, Rabu (31/1/2018).

Pramono menjelaskan, shalat sunnah itu untuk mendoakan warga Afghanistan yang tewas dalam berbagai serangan teror beberapa hari terakhir.

 

Presiden Joko Widodo menjadi imam shalat saat kunjungan ke Afghanistan, Senin (29/1/2018).(Biro Pers Setpres) ()
Presiden Joko Widodo menjadi imam shalat saat kunjungan ke Afghanistan, Senin (29/1/2018).(Biro Pers Setpres)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password