Pahawang, Surganya Snorkeling Penghobi Trip

istimewa

SALAH satu daerah destinasi wisata yang kini sedang digandrungi penikmat TRIP adalah Lampung. Di provinsi paling ujung timur Sumatera ini tersimpan lokasi-lokasi wisata laut yang sangat menakjubkan.

Para penghobi ngetrip biasanya akan menikmati surganya laut di Pantai Sari Ringgung, Pantai Mutun, Pulau Pisang, dan Pulau Pahawang. Di situlah mereka akan melakukan snorkeling atau diving.

Dari 4 titik detinasi itu, Pulau Pahawang lebih pantas dijuluki Surganya Snorkeling.

Secara geografis, Pulau Pahawang berada di wiayah Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Ada tiga pulau cantik di sini yang bisa dikunjungi, yakni Pahawang Besar, Pahawang Kecil, dan Pulau Kelagian.

Di sinilah surga laut bisa dinikmati dengan ber-snorkeling ria. Aneka ragam kekayaan biota laut melengkapi keindahannya. Beragam terumbu karang harmoni dengan bermacam-macam jenis ikan yang telihat asyik “bermain petak umpet”.

Karena keindahannya itulah, Pulau Pahawang menjadi incaran wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pulau Pahawang. (gbr. ist)

Biaya Trip
Agar bisa menikmati keindahan surganya Pahawang, sangat dianjurkan untuk mengikuti paket TRIP yang biasa ditawarkan agen-agen TRIP.

Salah satu agen TRIP yang recomended dan dipercaya wisatawan adalah GETLOST Aventure. Harga yang ditawarkannya pun relatif murah. Untuk paket 3 hari 2 malam, hanya dipatok harga Rp445.000 per pax.

Biaya tersebut termasuk, sewa kapal, trip ke pulau-pulau kecil di pahawang, makan, kamera bawah air, dan sewa alat snorkeling. Cukup murah untuk menikmati perjalanan yang eksotis, demi menikmati indahnya surga bawah laut Pulau Pahawang.

Jika ingin nge-trip sendiri, dalam arti tanpa menggunakan jasa agen juga bisa. Untuk rombongan, biasanya akan dikenakan biaya sewa kapal untuk menyebrang PP Pulau Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Dermaga sekitar Rp500.00-an.

Sedangkan untuk sewa alat snorkeling, biayanya antara Rp 75.000 – Rp100.000. Nah, untuk makan dan penginapan, biasanya jauh lebih mahal jika menggunakan jasa agen. Bisa-bisa, total per orangnya akan menghabiskan dana sekitat Rp800.000 sampai Rp1.000.000. Apalagi jika nge-tripnya hanya seorang diri. Dijamin bisa lebih dalam lagi merogoh kantongnya.

Rute ke Pahawang
Bagi yang berdomisili di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, bisa menggunakan transportasi darat menuju ke Pelabuhan Merak, Banten. Dari situ, dilanjutkan menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Dari Bakauheni, melanjutkan perjalanan darat melewati Bandar Lampung menuju pesisir Pesawaran melewati Pantai Queen Artha, Pantai Mutun, Pantai Dewi Mandapa, hingga sampai di Dermaga Ketapang. Sepanjang perjalanan, mata kita dimanjakan oleh keindahan Teluk Lampung.

Dari Dermaga Ketapang melanjutkan perjalanan dengan kapal untuk menyeberang. Perjalanan akan ditempuh sekitar 20 menit untuk sampai di Pulau Pahawang Besar. Tentu saja, selama perjalanan laut, lagi-lagi mata kita akan menikmati cantiknya panoraman biru, diiringi riak-riak ombak yang menambah kesan keseruan.

Snorkeling
Ada beberapa spot snorkeling di Pulau Pahawang ini yang bisa dinikmati. Diantaranya, Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Pulau Kelagian, dan Tanjung Putus.

Agar bisa sampai ke Tanjung Putus, masih harus menempuh perjalanan lagi sekitar 20 menit. Tapi, dijamin, spot-spot yang ada, semuanya sangat indah. Banyak sekali ikan-ikan penuh warna yang bermain-main disela-sela terumbu karang atau saling kejar, seolah mengajak kita ikut bermain “petak umpet” bersama mereka.

Snorkeling menikmati surga bawah laut Pahawang. (gbr. ist)

Tentu saja, bagi penggemar selfie, jangan lupa abadikan kenangan indah ini bersama kawan. Bahkan, kita juga bisa berselfi ria dengan ikan-ikan yang cantik di bawah laut.

Ada beberapa hal yang harus kita ingat, yakni saat ber-snorkeling, biasakan mengenakan pelampung, masker nafas, sepatu katak. Juga perhatikan intruksi guide.

Hati-hati, jangan coba-coba memegang hewan bernama bulu babi, ubur-ubur, ikan baronsay, siput duri, atau beberapa hewan laut yang berduri. Ada baiknya Anda bertanya kepada guide soal hewan-hewan yang akan membahayakan Anda.

Tapi tak perlu khawatir, selama Anda tidak iseng atau coba-coba, maka yang Anda dapatkan hanya keindahan, kesenangan, dan kenikmatan surga lautnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password