Gorengan Ujaran Kebencian dan Hina Agama Jadi Jualan para Komika Cari Duit

UJARAN kebencian dan pelecehan agama tampaknya jadi andalan dan masih laku dijual. Para pedagang gorengan kebencian dan pelecehan agama ini terus menerus muncul, bak kali Ciliwung yang pernah kering.

Setelah komika Uus, menghina ulama dan Alqur’an pada Januari 2017, kasus serupa terulang lagi di bulan yang sama tahun 2018 ini.

Kali ini giliran komika Joshua Suherman dan Ge Pamungkas yang terang-terangan berjualan gorengan ujaran kebencian dan hina agama untuk meraup uang.

Penghinaan agama yang dilakukan mantan penyanyi cilik era 90-an Joshua Suherman dilakukannya saat membawakan materi stand-up comedy.

Berita ini muncul pada Sabtu, 6 Januari 2018 dalam akun gosip @ratu_nyinyiir yang me-repost unggahan dari akun @muslim.fact.

Unggahan yang hanya beberapa detik tersebut, menampilkan Joshua yang sedang membawakan materi stand-up comedy. Dalam komedinya, ia menyinggung soal mantan personel Cherybelle, Anisa yang lebih eksis dibandingkan Cherly Juno sbagai leader grup tersebut.

Joshua bilang dalam materi lawakannya, bahwa Anisa lebih terkenal dibanding Cherly, karena faktor agama yang dianut Anisa.

Berikut ini, kalimat selengkapnya;
“Semuanya Anisa, Anisa, Anisa ya kan? Padahal skill-nya tipis-tipis, nyanyi tipis, nge-dance tipis, cantik relatif, ya kan? Gue mikir kenapa Anisa selalu unggul dari pada Cherly, ah sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam,” ujarnya dalam video tersebut.

Para penonpon pun langsung menyambutnya dengan tertawa dan tepuk tangan. Lebih parahnya lagi, bak gayung bersambut, seorang peserta stand up comedy yang ada di belakangnya juga beteriak, “Allahhu Akbar”.

Usai disambut tawa, Joshua kembali melanjutkan komikanya. Menurut dia, di Indonesia ini mayoritas selalu menjadi andalan orang. “Di Indonesia ini ada satu hal yang dengan hal sebesar apa pun, mayoritas,” kaanya.

Tak terima dengan ujaran bernada kebencian Joshua, warga net pun sontak merespons-nya.

“Asli gak ada lucu-lucunya. Kalo pengen ngetop kayak dl.. mending lo nyanyi ulang lagu Obok-obok aja,” tulis warganet.

“Pengen lucu jual ujaran kebencian. Singgung agama pula. Otak bahlul,” jawab warganet lainnya.

“Fuck you @jojosuherman,” sambung yang lain.

Selain Joshua, stand up comedy lainnya yang juga jualan ujaran kebencian dan agama adalah Ge Pamungkas.

Dalam video yang beredar di media sosial, Ge telihat melotot saat ungkapan hinaan agamanya diucapkan.

Sambil memegangi mic, dia mengatakan, “Dulu nih, Jakarta banjir. Apa coba itu, weh, netizen itu, ini gara-gara (Ahok). Giliran banjir yang terjadi saat ini, ini adalah cobaan dari Allah SWT.”

Lalu, melanjutkan kalimatnya, dia mengutip sebuah ayat yang berbunyi, “Sesungguhnya Allah memberikan cobaan terhadap hamba yang dicintaNya. Cintai apaan?”

Kalimat itulah yang dinilai warganet sebagai penghinaan terhadap firman Allah. Bahkan bisa disebut telah melecehkan Allah SWT.

Dalam salah satu komentar, seorang warganet yang menggunakan nama @mosach menulis; “waduh, rupanya penghinaan agama dan ujaran kebencian masih dijualin ya. Emangnya gak ada barang jualan lainnya? sampe2 agama dihina untuk dapat duit. Kok.. gila kebangetan ya…!!?”

Setelah ulahnya itu viral di media sosial, Ge memberikan klarifikasi. Ia mengaku perkataannya itu tak bermaksud untuk menghina Tuhan.

Ucapannya itu, katanya, hanya menyindir sifat manusia saja.

‘Assalamualaikum WrWb Min, mau saya jelaskan, bahwa konteks dari omongan saya tentunya tidak menghina Allah SWT, melainkan sifat manusia yang masih double standard dalam melihat agama/ras orang yang dianutnya.

‘Menghina agama, ras dan juga adat istiadat bukan gaya saya dalam menghibur penonton, jadi saya amat sangat sadar bahwa saya tidak mungkin menghina ranah itu.’

‘Apalagi menghina sang khalik, mungkin ada beberapa part dari awal acara yang tidak terlihat atau terpotong, sehingga menimbulkan salah tafsir.’

‘Atau mungkin juga cara komunikasi saya yang salah, dan syukur alhamdulillah saya masih ditegur oleh Allah SWT melalui mimin’,

‘Apabila masih kurang berkenan saya bersedia kok bertemu, tabayyun supaya penjelasannya lebih dapat dimengerti’, tulisnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password