Komisi ASN Tegur Menteri Desa Terkait Pemberhentian Pejabat

Menteri Desa PDTT Eko Putro Sanjojo dan Komisioner ASN Tasdik Kinanto.

JAKARTA (kabarjitu): Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) meminta kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk meninjau kembali surat keputusan No. 80/2017 tertanggal 28Agustus 2017.

“Komisi ASN telah menerbitkan rekomendasi dan mengirimkannya ke Menteri Desa PDTT pada 21 November 2017. Surat tersebut harus ditindaklanjuti oleh Menteri Desa PDTT,” tulis Plh Ketua Komisi ASN Tasdik Kinanto dalam surat jawaban pegaduan atas nama Hanibal Hamidi, nomor B-3123/12/KASN/2017, kemarin.

Dalam surat tersebut, Komisi ASN juga meminta agar dua pejabat yang diberhentikan, yakni Hanibal Hamidi dan Nurdin Ibrahim untuk ditempatkan sesuai job fit evaluation.

Jika terdapat pelanggaran disiplin oleh Hanibal dan Nurdin, maka hendaknya dilakukan pemanggilan, pemeriksaan, dan pengenaan sanksi yang sesuai peraturan pemerintah no.53 tahun 2010 tentang Disiplin ASN.

“Jika kinerja ASN yang bersangkutan tidak sesuai dengan target kinerja yang ditentukan, maka diberikan waktu dan kesempatan untuk melakukan perbaikan sesuai ketentuan Pasal 118 ayat 2 UU No. 5 tahun 2014,” tulis Tasdik.

Tasdik juga meminta kepada ASN yang bersangkutan untuk aktif memantau dilaksanakannya rekomendasi Komisi ASN oleh Menteri Desa PDTT.

Sementara itu, Hanibal Hamidi dalam keterangannya menyatakan, terkait perintah UU ASN pasal 27-33, maka Menteri Desa PDTT wajib menindaklanjuti hasil pengawasan dan evaluasi KASN, terhadap ada tidaknya pelanggaran kode etik dan kode prilaku Pegawai ASN dalam menindaklanjuti pengaduan pada KASN.

“Bila tidak ditindaklanjuti oleh Menteri, maka KASN bisa melaporkan kepada Presiden, disertai Rekomondasi Sanksi terhadap Menteri, selaku PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) berupa pencabutan kebijakan SK pemberhentian JPT terkait,” ujar Hanibal.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password